Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Silaturahim Forum Zakat Dengan Aktivis Zakat Riau

    Bagikan Ini :

    Forum Zakat (FOZ) bersama 30 Aktifis zakat di Pekanbaru Riau, pada hari kamis(15/10) bertemu dan bersilaturahim di gedung kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Riau. Pertemuan tersebut dihadiri  lebih dari 30 orang yang terdiri dari unsur Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota, LAZ Provinsi, Perwakilan LAZ Nasional yang ada di Riau.

    Dalam pertemuan tersebut, Forum Zakat yang diwakili oleh Nana Sudiana selaku Ketua Bidang Jaringan di FOZ Nasional memaparkan potensi zakat yang ada di Riau. Menurutnya potensi zakat fitrah di Riau pertahunnya bisa mencapai Rp.38,1 Milyar dan potensi Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) mencapai 1,5 Triliun. Angka tersebut didapat berdasarkan data penduduk Muslim di Riau tahun 2012 dari Kemenag Riau.

    Menurutnya dengan petumbuhan ekonomi di Riau yang tumbuh pesat, potensi real Zakat, Infaq dan sodaqoh di lapangan sangat mungkin lebih besar dari angka diatas. “kita lihat sekarang saja banyak kendaraan bagus yang ada di jalanan, ditambah makin banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang ada di Riau, itu indikasi Riau sudah mengalami pertumbuhan ekonomi”. tambahnya.

    Dalam FOrum tersebut para aktivis zakat di Pekanbaru juga bersepakat dibutuhkannya wadah untuk para aktifis zakat di Pekanbaru untuk menjalin komunikasi dan silaturahim, sehingga sesama lembaga ZIS di Pekanbaru bisa saling bersinergi demi mengoptimalkan potensi pengumpulan dan penyaluran zakat yang ada, sehingga dana zakat yang terkumpul tersebut bisa lebih dirasakan oleh masyarakat yang lebih banyak.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu