Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Sinergi dengan Forum Zakat Jawa Barat, Pemkot Bandung Salurkan 23000 Paket Sembako

    Sinergi dengan Forum Zakat Jawa Barat, Pemkot Bandung Salurkan 23000 Paket Sembako

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Forum Zakat Jawa Barat kembali berkolaborasi dengan Pemerintah Bandung terkait dengan penanganan wabah Covid-19 di Kota Bandung pada Senin (30/2/2020). Sinergi ini berkaitan dengan ketahanan pangan yakni membagikan kurang lebih 23000 paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras dan satu dus mi instan.

    Adapun serah terima dilaksanakan di pendopo Walikota Bandung dengan dihadiri Walikota Bandung Mang Oded, ketua Forum Bandung Sehat Siti Muntamah, dan Ketua Forum Zakat Jawa Barat Herman.

    Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial memberika apresiasi akan kolaborasi yang terjalin antara Pemerintah Kota dan Forum Zakat Jawa Barat. “Semoga bisa terus berkolaborasi baik dalam penanganan Covid-19 maupun masalah-masalah lainnya,” kata pria yang akrab disapa Mang Oded.

     

     

    Sementara, Herman mengatakan, mengingat kondisi Kota Bandung adalah zona merah, menurutnya sudah semestinya para warga untuk isolasi mandiri.

    “Saya berharap dengan pembagian sembako ini warga kurang beruntung yang berpenghasilan harian, dimana jika tidak keluar rumah maka tidak memenuhi kebutuhan hidup, dapat terbantu oleh sembako yang kami bagikan. Semoga ini bisa meringankan beban mereka, untuk tetap stay at home terhindar dari Covid-19,” kata Herman.

    Di lain sisi, kata Herman, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk Forum Zakat Jawa Barat agar tetap bergerak di tengah pandemi Covid-19.

    Sekretaris Jenderal Forum Zakat Jawa Barat, Angga Nugraha menjabarkan bahwa Pemerintah Kota Bandung yang nantinya akan mendistribusikan paket sembako melalui kecamatan-kecamatan dan di kecamatan akan diserahkan langsung ke kelurahan lalu RW sehingga sampai ke penerima manfaat. “Sebelumnya para penerima manfaat adalah yang diajukan dari rt rw setempat,” kata dia.

    Menurut Angga, Forum Zakat berkomitmen secara kontinuitas akan membantu para penerima manfaat, yang dalam hal ini ekonominya terdampak Covid-19. “Minimal mereka tidak dipusingkan dengan bahan pokok. Target bantuan bisa kami salurkan terus-menerus dari para anggota Forum Zakat Jawa Barat seperti PZU, Rumah Yatim, YBM PLN, IZI, Rumah Zakat, BMH, Yatim Mandiri dan semua yang kami tak bisa sebutkan satu-persatu,” ujarnya.

    Sebelumnya, kata Angga, Forum Zakat Jawa Barat sudah membagikan APD berupa sanitizer dan masker juga penyemprotan desinfektan di sejumlah fasilitas umum di Jawa Barat.

    “Semua dilakukan sebagai langkah ikhtiar FOZ Jabar yang disinergikan dengan pihak terkait yang sesuai dengan SOP penanganan Covid-19,” tutupnya. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu