Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Sinergi FOZ Riau Bantu Korban Banjir Di Pekanbaru

    Bagikan Ini :

    FOZWIL Riau membuka posko bersama Sahabat Mitra FOZ Riau untuk membantu masyarakat yang terkena bencana banjir di Riau, Pekanbaru, bantuan yang diberikan di beberapa titik, salah satunya di Musholla Ikhwanul MusliminRT 01 RW 03 Dusun IV Desa Desa Tanjung Berulak Kec. Kampar Kab. Kampar, dan di RT 02 RW 01 DUSUN 2 desa Bukit Ranah Kec. Kampar Kab. Kampar, yang merupakan posko LAZ swadaya Ummah Riau sekaligus Posko Bersama Sahabat Mitra FOZ Riau berupa Logistik (bahan makanan), pakaian layak pakai dan nasi bungkus untuk pengungsi banjir.

    Banjir di Kampar menggenangi 56 desa di 12 kecamatan dengan ketinggian air berkisar 1,7 meter. Korban terdampak banjir mencapai 26.614 kepala keluarga (KK) atau mencapai 133.070 jiwa.  Sebagian warga mengungsi di kediaman sanak saudara dan sekolah, masjid yang lebih tinggi atau desa tetangga yg tidak terdampak banjir..sebagian jga bertahan di rumah lantai 2.

    Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status Siaga Darurat Banjir dan Longsor dengan pertimbangan potensi curah hujan cukup tinggi, area banjir yang makin meluas dan telah mengakibatkan dua orang warga meninggal dunia. Selain itu, sudah ada tiga pemerintah kabupaten yang telah menyatakan status Tanggap Darurat Banjir

    Untuk aktifitas pendidikan dan pelayanan pemerintahan di Kampar sebagian besar masih lumpuh, dan  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) juga belum bisa difungsikan, karena banyak yang terendam. Hanya para medisnya diungsikan bertugas ke posko-posko pengungsian. Hingga saat ini sebagian warga kini masih bertahan di pengungsian, khawatir banjir sewaktu-waktu kembali meninggi lagi. Ada juga yang mencoba pulang untuk melihat rumah mereka.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu