Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Songsong Gerakan Sedekah Nasional, PPPA Daarul Qur’an : Uang Galang Dana Diperuntukan Untuk Mengentaskan Covid-19

    Songsong Gerakan Sedekah Nasional, PPPA Daarul Qur’an : Uang Galang Dana Diperuntukan Untuk Mengentaskan Covid-19

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar tak semakin massif, anggota Forum Zakat yakni PPPA Daarul Quran memberikan berkontribusi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an Abdul Ghofur menyebutkan, berbagai program telah digalakkan, diantaranya adalah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat, fasilitas umum, sekolah-sekolah, pesantren, dan tempat-tempat ibadah.

    “PPPA Daarul Qur’an juga membagikan paket sembako kepada pedagang asongan, pedagang keliling, ojek online, dan masyarakat ekonomi lemah lainnya sebagai pejuang nafkah yang terkena imbas kebijakan social distancing dari pemerintah setempat,” ujar Ghofur.

    Ia melanjutkan, PPPA Daarul Qur’an di seluruh Indonesia juga menyalurkan alat pelindung diri (APD), masker, hand sanitizer, multivitamin, dan paket makanan bergizi kepada para tenaga medis yang bertugas di garda terdepan dalam menghadapi wabah virus ini.

    “Tak lupa, PPPA Daarul Qur’an juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pola hidup bersih dengan membagikan masker dan hand sanitizer, serta mengajarkan bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya,” katanya.

     

     

    Ghofur kemudian memaparkan, bahwa sebentar lagi Daarul Qur’an akan memperingati Gerakan Sedekah Nasional (Gersena) pada 27 April 2020. Gersena adalah gerakan sedekah yang diprakarsai oleh KH Yusuf Mansur dan beberapa pengusaha untuk menyedekahkan keuntungan hingga seluruh omsetnya pada satu hari tersebut.

    “Gersena 2020 bertepatan pada bulan Ramadan dan berada dalam kondisi pandemi covid-19. Oleh karenanya, PPPA Daarul Qur’an mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dalam Gerakan Sedekah Nasional Melawan Covid-19, Bersama Kita Hadapi Memutus Rantai Penyebaran Covid-19,” kata Ghofur.

    Ia menjelaskan, penggalangan sedekah dalam rangka Gersena 2020 ini akan dialokasikan untuk program-program PPPA Daarul Qur’an dalam menghadapi pandemi covid-19. “Gerakan sedekah ini merupakan ajakan ikhtiar langit dari kami sebagai upaya untuk melindungi diri kita dan keluarga, serta menjadi obat bagi saudara kita dalam menghadapi krisis covid-19,” pungkasnya.

     

     

    Sementara itu, KH Yusuf Mansur juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Gersena 2020. Jika biasanya dana yang digalang dari Gersena diperuntukkan bagi dakwah tahfidzul Qur’an, tahun ini akan dialokasikan untuk covid-19.

    “Biasanya sih kita ke Qur’an dan segala yang berkaitan dengan Qur’an. Tapi khusus yang tahun ini, Gersena tahun 2020 kami minta semuanya konsentrasi di ekosistem masing-masing. Sedekah pol-polan tapi lebih ke covid-19. Itu antisipasi corona dengan segala multikrisisnya. Menanggulangi apa saja seputar covid. Penyediaan APD, masker buat masyarakat, dan lain sebagainya. Bersedekahlah semampunya kepada orang-orang terdekat. Tidak perlu besar, yang penting ikhlas,” tuturnya. (*)

     

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu