Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Sumbangan Muslim Di Inggris Selama Ramadhan Mencapai 100 Juta Poundsterling
    Sumbangan Muslim Di Inggris Selama Ramadhan Mencapai 100 Juta Poundsterling

    Sumbangan Muslim Di Inggris Selama Ramadhan Mencapai 100 Juta Poundsterling

    Bagikan Ini :

    Selama Ramadhan 1437 Hijriah kemarin menurut Muslim Charities Forum (MCF) atau Forum Amal Muslim,  setidaknya 100 juta poundsterling telah disumbangkan muslim Inggris sebagai dana amal, baik Zakat, Infak dan Sedekah.

    Juru bicara MCF ini sebagai mana dilansir buzzfeed, Selasa (19/7) mengatakan bahwa angka tersebut dianggap terbesar selama beberapa tahun terakhir. “Diperkirakan tahun ini mencapai angka 100 juta pounds, yang setara dengan setiap detik Muslim Inggris menyumbang 38 pounds. Dana amal berupa Zakat, infaq dan sedekah ini kemudian disumbangkan untuk bantuan kemanusiaan di beberapa belahan dunia Muslim,”

    Tahun lalu, MCF berhasil mengumpulkan dana amal sebesar 60 juta pounds, namun sempat terjadi penurunan besaran sumbangan karena sudah semakin banyak lembaga-lembaga amal dan zakat yang berdiri bagi muslim Inggris.

    menyikapi besarnya dana Muslim Inggris yang terkumpul tersebut, menurut Manager Organisasi bantuan Internasional yang berbasis di London, Charity Commission, Nick Donaldson, banyak proyek kemanusiaan yang akan bisa didanai dengan bantuan amal Muslim Inggris ini. Seperti peternakan lebah madu di Palestina dan Pakistan, perlengkapan kesehatan dan makanan di Haiti, dan peralatan kesehatan untuk mencegah penyebaran hepatitis.

    Bahkan 22 ribu kue telah dibagikan Muslim Inggris selama Ramadhan, oleh relawan muslim. Padahal mereka sedang berpuasa. Penelitian di Inggris sebelumnya mengungkapkan Muslim adalah kelompok agama yang paling dermawan.

    Setiap Muslim Inggris mengeluarkan hampir 371 poundsterling untuk beramal. Hal ini tidak lepas dari perintah Zakat, atau sedekah-pemberian, satu dari lima rukun Islam yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

    Banyak Muslim Inggris memilih membayar zakat dengan 2,5 persen dari total tabungan dan kekayaan mereka selama bulan Ramadhan. Sedangkan amal lain disumbangkan melalui sedekah dan donasi sukarela lainnya. Meningkatnya total sumbangan Muslim Inggris selama Ramadhan ini menunjukkan Muslim Inggris sangat murah hati untuk mengeluarkan amal, bukan hanya kewajiban zakatnya namun hingga bantuan amal lainnya.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu