Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    TIM DSM Bali Salurkan Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung

    TIM DSM Bali Salurkan Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung

    Bagikan Ini :

    Sejak Gunung Agung ditetapkan menjadi status Siaga mulai Jumat (22/9) oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, jumlah pengungsi terus bertambah. Berdasarkan info dari P3MD Kab. Karangasem pada Sabtu (23/9) pukul 19.00, tercatat update jumlah pengungsi di Karangasem 24.417 jiwa, di luar karangasem berjumlah 15.865jiwa, jumlah total 40.285 jiwa.

    Sabtu (23/09) Tim Dompet Sosial Madani tiba di Karangasem untuk menyalurkan bantuan pertama di Desa Tiying Jangkrin dan Bukit Tabuan. Daerah ini belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali. Bantuan yang dibawa berupa Nasi Kotak 140 bungkus, air mineral 10 kardus, Makanan Pengganti ASI (MPASI) sebanyak 8 kardus, dan masker 5000pcs.

    Menurut tim Rescue DSM, pengungsi di daerah Tiying Jangkrik dan Bukit Tabuan mengalami kekurangan air, makanan dan masalah kesehatan.

    “Warga senang kami datang, ini bantuan pertama buat mereka. Masalah yang urgent Desa Tiying Jangkrik dan Bukit Tabuan adalah air dan dapur umum. Lebih parah lagi di Bukit Tabuan. Disini yang serius adalah masalah kesehatan. Anak-anak kenak penyakit Cacar, 3 ibu berstatus hamil dengan 1 ibu sudah mencapai kehamilan 9 bulan.” Jelas Lutfi, Tim Rescue khusus Medis DSM.

    Dua daerah ini merupakan daerah yang relative aman di Karangasem sehingga dijadikan sebagai lokasi pengusian. Masjid nurul Jannah di Tiying Jangkrik dan Masjid Al-Hidayah di Bukit Tabuan. Saat ini ada 190 warga yang mengungsi di daerah tersebut dan akan terus bertambah lagi.

    Besok Minggu (24/9) Tim DSM berencana akan mengirim tim kesehatan dan bantuan logistik di Karangasem untuk membantu para pengungsi Gunung Agung.

    “Malam ini kami berkoordinasi dengan tim medis dan logistik untuk bisa mengirimkan bantuan lagi ke Karangasem khususnya di daerah yang belum mendapatkan bantuan. Rencana besok jam 10 pagi berangkat lagi.” Jelas Lutfi.

    DSM membetuk empat posko Peduli Bencana Gunung Agung yang berpusat di Jalan Diponegoro 218 Denpasar. Dua posko ada di Karangasem yaitu di Subagan dan Manggis. Sedangkan di Buleleng ada satu posko.

    Sejak Seminggu lalu Tim rescue DSM melakukan survey dan berkoordinasi dengan masayarakat dan pemerintah setempat dalam pembukaan posko dan terkait koordinasi bantuan untuk pengungsi Gunung Agung Bali.

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu