Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Tunanetra Kehilangan Omzet, YBM PLN Dan IZI Jateng Kirim Bantuan

    Tunanetra Kehilangan Omzet, YBM PLN Dan IZI Jateng Kirim Bantuan

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Sebagai bentuk kepedulian atas menurunnya pendapatan penyedia jasa pijat tunanetra, dua anggota Forum Zakat YBM PT PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Jateng dan DIY bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah memberi bantuan sembako kepada mereka yang berdomisili di Kabupaten Semarang.

    Banyak sekali pihak yang mengeluh kehilangan mata pencaharian akibat pandemi ini, salah satunya tukang pijat tunanetra. Pemberi jasa pijat tunanetra mengalami penurunan pendapatan dikarenakan banyak para penggunanya yang khawatir berpredikat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

    “Kondisi pandemi seperti ini serba salah, pak. Kami takut kalau pengguna jasa kami terjangkit virus. Namun pengguna jasa sebenarnya takut juga untuk pijat karena sama-sama khawatir kena virus. Akhirnya sekarang usaha pijat sepi,” tutur Agus, salah satu penyedia jasa pijat tuna netra kepada Tim IZI Jawa Tengah.

    Agus merupakan anggota dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bersama ke-48 anggota lainnya, mereka mendapatkan bantuan berupa paket sembako dan santunan hasil sinergi antara YBM PT PLN UP2B dan IZI Jawa Tengah.

    Kondisi para tunanetra ini termasuk yang paling memprihatinkan. Akibat keterbatasan fisik dan peluang untuk mengembangkan profesi, mereka menjadi kelompok yang begitu rentan terdampak Covid-19, baik secara ekonomi maupun kesehatan.

    Atas sebab hal itu, Dzulfikar, perwakilan dari YBM PT. PLN UP2B menyampaikan kepeduliannya, “kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi para tukang pijat tunanetra sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya ditengah kondisi sulit seperti sekarang ini,” kata dia.

    Hal senada juga diungkapkan Kepala IZI Jateng, Djoko Adhi, yang ikut dalam aksi penyaluran bantuan kepada ITMI Kabupaten Semarang, saat itu.

    “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi para tukang pijat tunanetra sehingga mereka tetap dapat hidup dengan layak di tengah wabah covid-19,” harapnya.

    Menyambut bantuan yang datang dari YBM PT. PLN UP2B dan IZI Jawa Tengah, Slamet selaku ketua ITMI Kabupaten Semarang bersyukur dan menyampaikan rasa terima kasihnya mewakili para tunanetra yang ia ayomi.

    “Saya mewakili tukang pijat di Kabupaten Semarang sangat berterima kasih atas bantuan sembako yang telah diberikan oleh PLN dan IZI,” pungkas Slamet di kediamannya. (*)

    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu