Wadah Berhimpunnya Lembaga Amil Zakat Dan Badan Amil Zakat

    Yuk Baca Doa Qunut Nazilah Agar Terhindar dari Covid-19

    Yuk Baca Doa Qunut Nazilah Agar Terhindar dari Covid-19

    Bagikan Ini :

    Forumzakat – Baru-baru ini, BNPB menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 telah memasuki fase menyebar cepat. Jumlah kasus terinfeksi terus meningkat bahkan telah melampaui angka 300. Berbagai imbauan telah dikeluarkan, baik social distance, work from home hingga urusan ibadah. Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadinya Wabah Virus Corona atau Covid-19.

    Maka, Forum Zakat juga mengajak umat Islam, baik amil maupun masyarakat luas untuk meningkatkan ibadah, perbanyak dzikir dan membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardhu. Qunut Nazilah ini merupakan doa saat mengalami bencana atau musibah untuk menangkal virus corona (Covid-19) setelah memaksimalkan ikhtiar yaitu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta berbagai usaha preventif lainnya.

    Berikut Tata Cara dan Bacaan Doa Qunut Nazilah

    1. Doa qunut nazilah dapat dibaca setiap salat fardu pada rakaat terakhir setelah rukuk
    2. Bacaan doa qunut nazilah

    Berikut ini adalah bacaan doa qunut nazilah sesuai dengan imbauan MUI, untuk dibacakan dalam kondisi wabah corona:

    Bacaan Latin

    Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man afait wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma athait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yadzillu man walait, wa la yaizzu man adait, tabarakta rabbana wa taalait, fa lakalhamdu ala ma qadhait, astgahfiruka wa atubu ilaik.

    Allahummadfa annal ghalaa wal wabaa wal fakhsyaa wal munkar was syuyufal mukhtalifata was syadaidal mihan, ma dzhara minha wa ma bathana, min baladina hadza khassah, wa min buldanil muslimina aammah, innaka ala kulli syaiin qadir, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wal hamdulillahi rabbil alamin.

    Artinya:

    “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

    Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

    Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.

    1. Doa qunut nazilah dibaca pelan saat salat Zuhur dan Ashar dan dibaca keras saat salat Subuh, Magrib, dan Isya baik yang dilakukan sendiri maupun berjamaah.
    2. Bagi imam yang membaca doa qunut nazilah dapat mengubah kata ganti sendiri menjadi kata ganti untuk orang banyak. Makmum cukup mengaminkannya. (*)
    Bagikan Ini :

    Leave a Reply

    Close Menu